Monday 21 November 2011

Penulisan Referensi

Gaya penulisan American Psychological Association (APA) merupakan salah satu dari beberapa standar penulisan karya ilmiah psikologi, dan gaya penulisan ini telah digunakan di berbagai Fakultas Psikologi di Indonesia.
Panduan ini ditulis terutama oleh karena masih banyak terlihat kelemahan mahasiswa menuliskan referensi dan daftar pustaka dalam skripsi mereka, dengan mengikuti gaya APA.  Sumber panduan ini adalah Publication Manual of the American Psychological Association (APA, 2003), edisi kelima, dengan mengganti beberapa contoh agar lebih relevan dengan situasi di Indonesia. Sebagai referensi pembanding, beberapa bagian tulisan ini juga merujuk pada gaya British Psychological Society.
Tidak semua bagian Publication Manual ini diambil, tetapi bagian-bagian relevan saja, terutama yang menurut pengamatan saya akan sering dipakai oleh mahasiswa. Yang menjadi perhatian khusus saya adalah bahwa pada masa sekarang sumber referensi pengetahuan tidak lagi terbatas pada buku dan jurnal saja, tetapi juga media audio-visual dan media internet. Masih banyak di antara kita –mahasiswa maupun dosen—yang belum memahami penulisan referensi gaya APA untuk referensi semacam itu, sehingga mudah-mudahan panduan ini bermanfaat.

Sumber panduan ini adalah Publication Manual of the American Psychological Association (APA, 2003), edisi kelima...

BAGIAN PERTAMA: PENYEBUTAN KARYA DALAM BADAN TULISAN (TEKS)


Ada dua cara penulisan dalam teks, yaitu (a) menggunakan nama sebagai bagian dari kalimat diikuti tahun dalam kurung, atau (b) menyebutkan referensi nama diikuti koma dan tahun, semuanya dalam kurung. Nama yang dipakai dalam teks hanyalah nama keluarga (last name, family name, marga, fam) saja. Nama depan, initial, dan gelar akademis tidak perlu dituliskan. (lihat lampiran I untuk tulisan nama bangsa/etnis tertentu)
Belum ada kata sepakat mengenai cara penulisan nama orang Indonesia yang sebagian besar tidak menggunakan nama keluarga, tetapi sementara ini kita sepakat menggunakan nama yang diurutkan paling belakang untuk penulisan nama.
Djohan (2003) menyebutkan bahwa berbagai penelitian tentang pengaruh musik bertolak dari pertanyaan umum, emosi seperti apa yang dapat timbul pada saat seseorang mendengarkan musik.
Berbagai penelitian tentang pengaruh musik bertolak dari pertanyaan umum, emosi seperti apa yang dapat timbul pada saat seseorang mendengarkan musik (Djohan, 2003)



[1] Dalam APA Publication Manual ditulis n.d. (no date).   Singkatan dalam bahasa Indonesia diambil dari buku Pedoman Penyajian Karya Ilmiah (Gunawan, Achmadi, & Arianti, 2004).

No comments:

Post a Comment